daftar isi

Jumat, 15 Februari 2013

VALENTINE'S DAY

File:Antique Valentine 1909 01.jpg

VALENTINE'S DAY

 Nama Valentine merupakan variasi nama Valentinus, ada sejak masa Romawi dulu. Nama ini biasanya digunakan untuk laki-laki dan terkadang juga perempuan, yang berasal dari kata Valens yang berarti "kuat, sehat" dalam bahasa Latin.

Valentine, sebagai nama bayi dalam bahasa Inggris, biasanya disingkat Val dan telah digunakan semenjak abad ke-12.

Penggunaan nama Valentine banyak dipakai di Belgia pada tahun lalu menempati urutan ke-91 sebagai nama bayi, dan Perancis diurutan ke-76. Sementara di Amerika Serikat, nama ini populer sebelum tahun 1920, namun setelahnya tidak pernah lagi masuk pada urutan 1000 tangga nama bayi paling umum.

Paling umum hingga saat ini, Valentine adalah nama seorang saint atau orang suci pada abad ke-3, yang menjadi inspirasi berawalnya ‘Hari Valentine’ di berbagai belahan dunia.

Hari Valentine dirayakan setiap tanggal 14 Februari setiap tahun, dimana bulan ini identik dengan hari kasih sayang. Perayaan Hari St Valentine disebutkan berasal dari campuran budaya Kristen dan tradisi Romawi. Pada muasalnya terdapat sebuah festival Romawi kuno dinamakan Lupercalis / Lupercalia, yakni perayaan untuk hari kesuburan yang diadakan setiap tanggal 15 Februari.

Namun, sejak kebangkitan Kristen di Eropa menjadikan momen itu didedikasikan sebagai penghormatan untuk semua pejuang Kristen, khususnya seorang uskup suci – St Valentine dan waktu perayaan diubah menjadi 14 Februari.

Kisah St Valentine memiliki dua versi yang berbeda – Protestan dan Katolik. Namun kedua versi setuju bahwa Saint Valentine merujuk pada seorang uskup yang salah satu tugasnya adalah menikahkan insan-insan yang kasmaran. Waktu itu kekuasaan dipegang Claudius II yang kemudian melarang adanya pernikahan. Larangan itu bermaksud agar para lelaki tidak menikah atau memikirkan keluarga mereka, dan lebih suka menjadi tentara demi melebarkan ambisi kekuasaan sang raja.

Namun larangan Claudius II ditolak oleh St Valentine, bahkan ia dengan diam-diam terus melakukan aktifitasnya mengawinkan pasangan yang saling mencinta. Kegiatan St Valentine ketahuan, dan sang raja memberi putusan penjara pada St Valentine.

Selama di sel, Valentine didekati oleh kepala penjara bernama Asterius yang memiliki putri yang buta. Asterius mulanya percaya Valentine memiliki kemampuan suci dapat menyembuhkan putrinya. Dan ia meminta Valentine untuk mengobati anak gadisnya itu. Selama proses pengobatan, Valentine diam-diam berhubungan dekat dengan putri Asterius, walaupun kemudian ia gagal menyembuhkannya.

Pada tanggal 14 Februari, sang raja memerintahkan hukuman mati. Pada permintaan terakhirnya, Valentine meminta kertas dan pena. Ia kemudian menuliskan sebuah kalimat pendek, "From Your Valentine" dan diberikan kepada putri Asterius. Nota pendek tersebut populer dipakai hingga saat ini, utamanya bagi yang merayakan Valentine.

Sejak abad ke-14, Hari St Valentine mulai dikaitkan dengan hari khusus untuk cinta romantis. Seorang sastrawan Henry Ansgar Kelly, menulis sebuah karya berjudul "Chaucer dan Cult of Saint Valentine", yang berisikan tentang burung-burung yang dikawinkan pada tanggal 14 Februari di Perancis dan Inggris. Oleh karna itu ia menggunakan gambar burung sebagai simbol pecinta dalam puisi-puisi percintaannya.

Pada Abad Pertengahan, perayaan Valentine semakin umum dirayakan di Inggris dan Perancis. Kemudian pada abad ke-18, hari tersebut dirayakan dengan pemberian hadiah dan bertukar kartu ucapan buatan sendiri. Budaya inipun tak lama akhirnya menyebar ke Amerika. Kartu ucapan Hari Valentine pun mulai diproduksi secara komersial di Amerika Serikat pada tahun 1840-an.

Hari ini, Valentine menjadi salah satu hari besar di Amerika Serikat dan momen sukses secara komersial. Menurut data dari Greeting Card Association, 25% dari semua kartu yang dikirim setiap tahun di US bertemakan Valentine.

Kata Valentine dalam berbagai bahasa:

  • Valens, Valentinianus, Valentinus (Romawi Kuno), dan Balendin (Basque)

  • Tin, Berani (Kroasia), Valentijn (Belanda), Bálint (Hungaria), Valentino, Tino (Italia)

  • Walenty (Polandia), Vali (Rumania), Ualan (Skotlandia), Valentyn (Ukraina)

  • Valentin (Bulgaria, Denmark, Perancis, Jerman, Indonesia, Macedonia, Norwegia, Rumania, Rusia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar